Senin, 22 November 2010

Fungsi Politik

Fungsi-fungsi politik
a. Sosialisasi Politik adalah proses dengan mana individu-individu dapat memperoleh pengetahuan, nila-nilai dan sikap-sikap terhadap sistem politik masyarakatnya.
contoh : peran orangtua dalam pendiidkan prasekolah.
b. Rekruitmen politik adalah perekrutan masyarakat untuk terlibat dalam politik
contoh : perekrutan menjadi anggota partai politik
c. Komunikasi politik adalah komunikasi yang melibatkan pesan-pesan politik dan aktor-aktor politik, atau berkaitan dengan kekuasaan, pemerintahan, dan kebijakan pemerintah.
cntoh : misal pada orasi-orasi calon presiden, calon walikota dll.
d. Stratifikasi Politik adalah lapisan dalam dunia politik. dibagi menjadi :
- Tingkat penentu kebijakan pusat/puncak : kebijakan tertinggi yang lingkupnya nasional mencakup penentuan undang-undang dasar dan yang berkaitan dengan masalah makro politik bangsa dan negara.
- Tingkat penentu kebijakan umum : tingkat kebijakan dibawah tingkat kebijakan puncak yang lingkupnya juga nasional dan ditekankan pada masalah makro strategis guna mencapai situasi dan kondisi tertentu yang diharapkan.
- Tingkat penentu kebijakan khusus : kebijakan umum yang merumuskan strategi, administrasi, sistem dan prosedur dalam bidang utama pemerintahan.
- Tingkat penentu kebijakan teknis ditekankan kepada suatu sektor bidang utama dalam bentuk prosedur dan teknik implementasi rencana, program dan kegiatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar