Jumat, 16 April 2010

TRANSJAKARTA (BUSWAY)
Transjakarta memulai operasinya pada 15 Januari 2004 dengan tujuan memberikan jasa angkutan yang lebih cepat, nyaman, namun terjangkau bagi warga Jakarta. Untuk mencapai hal tersebut, bus Transjakarta diberikan lajur khusus di jalan-jalan yang menjadi bagian dari rutenya dan lajur tersebut tidak boleh dilewati kendaraan lainnya (termasuk bus umum selain TransJakarta). Agar terjangkau oleh masyarakat, maka harga tiket disubsidi oleh pemerintah daerah.
Pada saat awal beroperasi, TransJakarta mengalami banyak masalah, salah satunya adalah ketika atap salah satu busnya menghantam terowongan rel kereta api. Selain itu, banyak dari bus-bus tersebut yang mengalami kerusakan, baik pintu, tombol pemberitahuan lokasi halte, hingga lampu yang lepas.
Selama dua minggu pertama, dari 15 Januari 2004 hingga 30 Januari 2004, bus Transjakarta memberikan pelayanan secara gratis. Kesempatan itu digunakan untuk sosialisasi, di mana warga Jakarta untuk pertama kalinya mengenal sistem transportasi yang baru. Lalu, mulai 1 Februari 2005, bus Transjakarta mulai beroperasi secara komersil.
Sejak Hari Kartini (21 April) 2005, TransJakarta memiliki pramudi perempuan sebagai wujud emansipasi wanita. Pengelola menargetkan bahwa nanti jumlah pramudi wanita mencapai 30% dari keseluruhan jumlah pramudi. Sampai dengan bulan Mei 2006, sudah ada lebih dari 50 orang pramudi wanita.

Busway di mata penggunanya
Busway (transjakarta) dimata penggunanya banyak yang mengeluhkan karena karena terlalu panjang antrian dan kurangnya fasilitas di shelter (halte), sehingga diharapkan dapat menambah jumlah armada bus untuk menghindari terlalu panjangnya antrian dan ditambah kan kipas angin di shelter (halte) tempat mengantri karena jika antrian panjang akan terasa sangat panas. Busway kini menjadi pilihan jutaan warga Jakarta karena harganya ekonomis dan tidak berhenti sembarangan berhenti seperti umumnya kendaraan umum di Indonesia. Namun, kutip sejumlah penumpang, halte-halte itu tidak menyediakan peturasan (wc).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar